Paradise Of Bali

Paradise Of Bali

Selasa, 24 Maret 2015

Google Drive

Hello my Friends ,

Ketemu lagi , sekarang aku mau berbagi tentang Materi dikampus nih :)'



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.
Komunikasi
·         Gmail
Pada tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel . Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan adWard yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
·         Google Drive 
 Layanan dari Google untuk menyimpan data, yang terhubung dengan layanan Google Docs.
·         Google Docs
Layanan dari Google untuk menyimpan dokumen-dokumen.
·         Google Chrome
Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis. Pada September 2008 Google melepaskan kode untuk Google melalui project Chromium, dimana sampai sekarang Google Chrome masih berbasiskan Chromium.
Google Chrome dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik, dimana Google Chrome akan memperingati pengguna yang mengakses situs yang ada dalam daftar hitam Google. Selain itu, Google Chrome juga membedakan proses yang berjalan pada satu tab dengan proses pada tab lainnya, sehingga meningkatkan kemudahan pengguna, serta meningkatkan reliabilitas dari Google Chrome
1.2       Rumusan Masalah

a.       Apa yang dimaksud Google Drive?
b.      Apa fungsi dari Google Drive ?
c.       Apa Kelebihan dan keuntungan dari Google Drive?
d.      Apa saja Fitur-fitur yang ada di google Drive?
e.       Bagaimana cara mengoperasikan Google Drive ?
f.       Menyisipkan file menggunakan Google Drive di Gmail?

1.3        Tujuan Laporan
Laporan Komputer tentang Google Drive ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas apa yang dimaksud Google Drive, bagaimana cara mengoperasikanya, fungsinya dan keunggulanya secara mendetail, yang bisa di jadikan pedoman dalam proses pembelajaran, dan membuat kita lebih paham tentang apa yang kita cari dari berbagai sumber, secara tidak langsung kita belajar untuk memahaminya.

1.4        Manfaat Laporan
Laporan ini bermanfaat untuk Dosen agar lebih mudah menjelaskan materi karena mahasiswanya sudah sedikit tidak memahami materi ini, Mahasiswa sudah mengetahui secara umum tentang materi ini, untuk pembaca membantu untuk mengatasi masalah apabila pembaca membutuhkan materi tentang laporan ini, Laporan ini sangat bermanfaat untuk semua Pembaca





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian
Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. 
Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di  share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB, untuk  menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.
Dengan menggunakan google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di google drive  tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet.

2.2        Fungsi  Google Drive
Google Drive memiliki fungsi layaknya  Dropbox yaitu sinkronisasi data dari PC anda, jadi Anda bisa membuat dan berbagi data dan dokumen di google drive tersebut. Selain itu anda juga bisa mengakses data file dari mana saja di rumah ataupun di kantor dengan terhubung dengan internet pastinya.
Keuntungan lainnya yaitu  Google Drive  telah terintegrasi dengan layanan google lainya, diantaranya :
·         Gplus,
·         google search  dan lainnya


2.3        Keuntungan mempunyai akun google Drive

1.      Free ( gratis ) 
Gratis asalkan punya akun gmail,
2.      Kapasitas besar
15 GB tersebut sudah cukup untuk yang masih tahapan belajar atau di tingkatkan kapasitasnya sesuai yang di butuhkan dengen cara di upgarade ke versi berbayar3
3.      Mudah di akses
Dengen menggunakan kompuetr, laptop atau smartphone dapat dengen mudah mengakses
ogle drive tersebut 
4.      Dapat berbagi file
Ini adalah salah satu kelebihan dari kita menggunakan
 goog;le drive file-file yang ada di google drive dapat dishare dan dapat di edit secara bersamaam di satu waktu di tempat yang berbeda
5.      Kuisioner
Bagi para mahasiswa, atau guru dapat dengan mudah membuat kuis atau membuat soal-soal ulangan secara online

2.4   Hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Google Drive
  1. Membuat file baru di Google Drive dari jenis file aplikasi tersebut
  2. Mengakses dan membuka file di Google Drive
  3. Mengakses file Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive
  4. Menyimpan file ke Google Drive dari aplikasi di luar Google Drive
  5. Berbagi jenis file apa pun, termasuk file yang dibuat dengan aplikasi Google Drive
2.5             Beberapa fitur yang tersedia di layanan Google Drive:
1.      Kapasitas penyimpanan dokumen gratis hingga 5GB.
Google Drive akan memberikan ruang penyimpanan gratis bagi penggunanya sebesar 5GB, tidak terhitung dokumen yang Anda buat melalui Drive. Anda dapat mengupload 30 jenis file termasuk file Photoshop, video, foto dan sebagainya. Google Drive mendukung hampir seluruh jenis file yang populer.
2.      Berbagi file, folder dan seluruh isi drive Anda.

Sama seperti Google Docs, Anda dapat berbagi file melalui Google Drive. Hanya dengan meng-klik kanan di file atau folder dan memilih “Share” dan memilih opsi sharing yang ada. Untuk mengijinkan seseorang dapat mengakses seluruh drive Anda, klik tombol orang tersebut dan tanda tambah (plus) di bagian atas.
3.      Menggunakan sistem pencari Google.
 
Dengan teknologi
pencarian Google yang dibenamkan di aplikasi Google Drive, Anda dapat melakukan pencarian foto pada bagian ‘search’. Anda juga dapat melakukan pencarian teks pada dokumen yang di-scan. Setelah beberapa pengujian, fitur ini ternyata tidak sepenuhnya dapat dipercaya, tapi cukup pantas untuk dicoba sebagai penolong pencarian file atau foto.
4.      Mengkolaborasikan video, foto dan lainnya.
Fitur kolaborasi Google Docs sekarang tersedia untuk berbagai jenis file. Sebagai contoh, jika Anda meng-upload sebuah video di Drive dan berbagi dengan seseorang, Anda dapat berdiskusi mengenai video tersebut dengan fasilitas komentar.
5.      Menginstal aplikasi dari pihak ketiga.
Developer pihak ketiga dapat membangun aplikasi yang dapat bekerja dengan baik di Google Drive. Anda dapat melakukan edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr, mengirim fax secara gratis dengan aplikasi HelloFax dan menandatangani dokumen resmi dengan aplikasi DocuSign. Semuanya dapat dilakukan lewat layanan Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lainnya, kunjungi Google Drive > Settings > Manage apps > Get more apps.
2.6            Beberapa Keunggulan yang tersedia di layanan Google Drive:
1.      Menyediakan ruang penyimpanan sebesar 5GB secara gratis.
2.      Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya.
Hampir seluruh aplikasi dari Google terintegrasi dengan baik di Google Drive. Seperti untuk melakukan pelampiran (attachment) di Gmail, Anda dapat mengakses file dengan cepat melalui Drive dan pengguna Google+ dapat mencari video dan gambar di
drve secara instan untuk mensharingnya di jejaring sosial.
3.      Aplikasi pihak ketiga menjadi salah satu pemeran penting.
Google tidak membatasi Drive, bahkan membuka peluang bagi pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang dapat didukung oleh Google Drive.
4.      Window, Mac dan Android dapat turut serta meramaikan Google Drive.
Salah satu keunggulan penting Google Drive layanan ini dapat mendukung berbagai platform termasuk Apple dan Microsoft. Perusahaan mengatakan pada 24 April yang lalu bahwa Drive juga akan mendukung berbagai perangkat yang berbasis Windows, Mac dan tentunya Android.
5.      Perusahaan menyatakan akan mendukung iOS secepatnya.
6.      Google Drive dapat mendukung berbagai jenis file.
Menurut perusahaan, Google Drive dibenamkan dengan pendukung file native yang dapat mendukung hingga 30 jenis aplikasi format file berbeda. Jadi Anda tetap dapat membuka file seperti Photoshop atau Illustrator meskipun tidak memiliki aplikasi tersebut di komputernya.
7.      Melihat perubahan masa lampau.
Menurut Google, Google Drive mengijinkan pengguna untuk mengecek perubahan yang mereka lakukan dalam batas 30 hari sebelumnya. Lebih lanjut, perusahaan juga menyediakan cara lain bagi Anda untuk dapat menyimpan langkah revisi spesifik yang sangat penting untuk sepanjang waktu.
8.      Google Drive juga menyediakan layanan berbayar yang dapat memperbesar ruang penyimpanan Anda.
Untuk ruang penyimpanan hingga 25GB = Anda harus membayar $2.49 per bulan, 100GB = $4.99 per bulan dan 1TB = $49.9 per bulan.
9.      Teknologi pencarian berperan penting.
Seperti sejarah Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, pastinya perusahaan akan mengaplikasikan teknologi pencarian juga di Drive. Perusahaan mengatakan bahwa pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, jenis file, pemilik dan atribut lainnya. Bahkan juga dapat mencari dengan teknologi penyenalan gambar dan obyek yang berada di hasil scan suatu dokumen. (Nt/C
Ketersediaan Google Drive net, eweek).
2.7               Google Drive dapat digunakan dalam beberapa piranti (device) berikut:
1.      Komputer berbasis Windows
2.      Komputer berbasis Mac
3.      Tablet berbasis i0S (iPad)
4.      Tablet berbasis Android
5.      Smartphones iPhone
6.      Smartphones berbasis Android

2.8               Cara Membuat Akun Google Drive
Berikut langkah langkah yang akan diperlukan dalam pembuatan google drive.
1.      Langkah pertama yaitu masuk ke browser dan pilih google
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivXrjhYzukn5S7gGetvLCyMPI69P9BKSXvYtfPYqQ9xfRFsQAhszqDfpeKng21qbGuDyZscXbnMtdF8XXONfbGrLl9e3V4QjX-leT9iMIygUIIoveeO4a6DCmkzoGY3xLzFhMefr_apjKo/s400/Screenshot+from+2014-02-03+11:33:02.png
  





2.      Langkah kedua yaitu kita klik icon kotak kotak kecil yang ada di pojok kanan atas lalu kita pilih google drive.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4C7dOQG3IxRvg3tqzQMNUkNeXXC4IwHDR-wSO1bPMwH2TIc03_gkY_eN8GjFDKf7Zk8O7yoI2mWuLTfltm7qMT0ztKfCECc5wujunfEmaerDrio4_xfcuW1dXkCC4TQi25Oh-tsUxjfen/s400/Screenshot+from+2014-02-01+12%253A27%253A11.png








3.      Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini, jika anda sudah memiliki akun gmail anda tidak perlu membuat akun lagi, hanya cukup masuk dengan mengisi kolom seperti gambar dibawah ini dan jika anda belum memiliki akun gmail, silahkan untuk membuat akun gmail dulu. Bisa di lihat pada postingan sebelumnya.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLkX8AMI7jy-yBvQ_3PBKb38E7F4F1-00QLI69h2eLn_56RFOY8FPc1wfa3esQp9qghdi3S2gULOdgrH2egHRAtXLEiNEASv-pnN7C1c8kl5Zrm0I8O3epjESp5ZN6Y6S3PugY9GmOlR-L/s400/Screenshot+from+2014-02-01+12:28:53.png











4.      Jika sudah akan muncul tampilan dibawah ini sebagai berikut. Ini merupakan tampilan awal jika kita sudah masuk dalam akun google drive kita.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6eKlMMil1M6HE7gfHudwz7TdwVhXByeLyfjPNe_LP33NtiUDI3RavQz1WR5Fv3Nsy9EWHliZNoVXxa7Sc1l9p9gtFWPRdBTKHjXq-3tS_DiSWjKoFTgDqloGKJIPFVnhdHo66-ut24FMh/s400/Screenshot+from+2014-02-01+12:30:15.png









5.      Kita sudah masuk pada akun Google Drive kita, dan jika kita ingin membuat sebuah folder kita klik pada drive saya lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan kita beri nama sesuai nama yang keinginan anda.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCtyfMnRvCmYCWLe01fcCWoBr1qTeAwudRCYgiFiXInhWtJMyU43xz5pNozX7hVIWruShhu50d0P3B89IxBos1FoUSMpM24qo4oXE_jTM6SAS4zcG3gaoE_pkv1DzkC8JGIb_M9EYrn1IE/s400/Screenshot+from+2014-02-01+12%253A31%253A54.png










6.      Akun Google Drive anda siap digunakan.

2.9  Cara Menggunakan Google Drive
Saat Google Drive diluncurkan, fungsinya hanyalah sebagai tempat penyimpanan berkas Anda agar dapat diakses di manapun. Setelah Drive berkembang, sekarang Google Drive mengambil alih tugas Google Docs. Kini, fungsi Google Drive adalah sebagai pusat pembuatan dokumen Google, juga pusat peralatan perkantoran Google. Anda pun kini bisa memasang app pada Google Drive untuk memperluas kinerjanya.

2.9.1        Mengakses Google Drive
1.      Description: Use Google Drive Step 1 Version 2.jpgMasuklah ke Google Drive dengan akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google,










2.      Description: Use Google Drive Step 2 Version 2.jpgTambahkan berkas pada akun Google Drive Anda. Ada dua cara untuk menambahkan berkas pada akun Anda. Anda bisa membuat dokumen langsung di Google Drive, atau Anda bisa mengunggah berkas dari komputer Anda. Untuk membuat berkas baru, klik tombol CREATE. Untuk mengunggah, pilih ikon panah atas di sebelah tombol CREATE.










3.      Ubahlah cara sortir berkas di akun Anda. Anda bisa memilih untuk menampilkan berkas dengan ikon besar (Grid) atau sebagai gambar (List). Modus List akan memperlihatkan sekilas siapa pemilik berkas, dan kapan berkas tersebut terakhir diubah. Modus Grid akan menampilkan pratinjau laman pertama berkas. Anda bisa mengganti modus ini dengan menekan tombol di sebelah tombol gigi roda bagian kanan halaman.
Description: Use Google Drive Step 3 Version 2.jpg


4.      Gunakan lah navigasi di bagian kiri untuk mengakses berkas Anda. "My Drive" adalah lokasi dimana berkas dan folder unggahan Anda disimpan. "Shared with Me" adalah berkas yang dibagi-pakai dengan Anda oleh pengguna Drive lain. Berkas "Starred" adalah berkas yang Anda tandai sebagai berkas penting, dan "Recent”  menampung berkas-berkas yang baru Anda sunting.
Description: Berkas:Use Google Drive Step 4 Version 2.jpg

·         Anda bisa menarik dan menjatuhkan berkas dan folder pada Drive untuk mengaturnya sesuai keperluan Anda.
Description: Use Google Drive Step 4Bullet1.jpg










·         Klik kotak cek untuk memilih beberapa berkas dan folder. Anda kemudian dapat melakukan aksi pada berkas terpilih dengan memilih tombol pada bagian atas halaman. Jika Anda menggunakan tampilan ikon/Grid, kotak cek akan muncul saat Anda mengarahkan kursor Anda pada dokumen. Ada beberapa opsi yang tersedia di bawah "More
Description: Use Google Drive Step 4Bullet2.jpg
Klik ikon folder bertanda "+" untuk membuat folder baru di Google Drive Anda. Anda bisa membuat folder di dalam folder untuk mengatur berkas Anda.
Description: Use Google Drive Step 4Bullet3.jpg





5.      Lakukan pencarian berkas.
Anda bisa mencari dokumen atau folder di Google Drive Anda dengan bilah pencarian di bagian atas halaman. Google Drive akan mencari berkas berdasarkan judul, konten dan pemilik berkas. Jika sebuah berkas memiliki/mengandung kata yang sama dengan kata yang dicari, berkas tersebut akan muncul di bawah bilah pencarian selagi Anda mengetik, jadi Anda bisa memilihnya dengan cepat.

Description: Use Google Drive Step 5 Version 2.jpg







7.      Unduhlah Google Drive untuk perangkat Anda.
Description: Use Google Drive Step 6 Version 2.jpgAnda bisa mengunduh Google Drive untuk perangkat Android atau iOS, yang memungkinkan Anda mengakses berkas melalui perangkat tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi Anda (Play Store atau iTunes), namun mungkin tidak memiliki fitur penyuntingan yang sama seperti di komputer.










2.9.2        Cara Membuat dan Menyunting Dokument
1.      Klik tombol CREATE. Sebuah menu yang memungkinkan Anda memilih jenis dokumen yang Anda ingin buat akan muncul. Anda memiliki beberapa opsi secara default, dan jenis berkas lain dapat dibuat dengan cara mengklik "Connect More App" di bagian bawah menu. Opsi tersebut adalah sebagai berikut:
·         Folder - Opsi ini akan membuat folder di My Drive, yang bisa digunakan untuk pengaturan berkas.
·         Document - Opsi ini akan membuat berkas pengolah kata yang kosong. Anda bisa menyesuaikan format dan pengaturan halaman dengan peralatan dan menu yang tersedia di bagian atas dokumen. Anda bisa mengekspor dokumen ke format Microsoft Word, OpenOffice, PDF, dll.
·         Presentation - Opsi ini akan membuka ekuivalen Google Drive terhadap PowerPoint. Berkas yang disunting disini bisa diekspor ke format Microsoft PowerPoint, PDF, JPG, dll.
·         Spreadsheet - Opsi ini akan membuat berkas pengolah angka yang kosong. Anda bisa mengekspor dokumen ke format Microsoft Excel, PDF, CSV, dll.
·         Description: Use Google Drive Step 7 Version 2.jpgForm - Opsi ini akan membuat formulir yang bisa diisi secara daring. Isian form dapat diekspor ke format CSV







2.      Buatlah berkas baru. Setelah Anda membuat berkas, Anda akan dibawa ke berkas kosong tersebut. Jika Anda memilih Presentation atau Form, Anda akan disambut dengan panudan yang akan membantu Anda mengatur tampilan dokumen Anda.
Description: Use Google Drive Step 8 Version 2.jpg







3.      Beri nama berkas Anda. Di bagian atas halaman, klik teks abu-abu bercetak miring yang bertuliskan “Untitled <file type>”. Jendela "Rename document" akan muncul, dan Anda bisa mengganti nama dokumen di jendela tersebut.
Description: Use Google Drive Step 9 Version 2.jpg









4.      Sunting dokumen Anda. Tulislah dokumen Anda seperti biasa. Anda mungkin menemukan beberapa fitur yang lebih canggih di program yang biasa Anda gunakan tidak tersedia, namun Google Drive memiliki hampir semua fitur dasar program tersebut.


Description: Use Google Drive Step 10 Version 2.jpg

Dokumen Anda akan tersimpan otomatis saat Anda bekerja dengan dokumen tersebut.

5.      Ekspor dan simpan berkas. Jika Anda ingin membuat berkas Anda kompatibel dengan program sejenis, klik "File" > "Download As". Sebuah menu akan muncul dengan pilihan format yang tersedia. Pilih format yang Anda anggap paling tepat untuk kebutuhan Anda. Anda akan diminta memberi nama berkas dan menentukan lokasi penyimpanan  Saat dokumen tersimpan di komputer Anda, dokumen Anda akan berformat seperti yang Anda pilih.
Description: Use Google Drive Step 11 Version 2.jpg







6.      Berbagilah dokumen Anda. Klik "File" > "Share", atau klik tombol Share di bagian kanan atas dokumen untuk membuka jendela "Sharing Settings". Anda bisa menentukan siapa yang dapat mengakses dan menyunting dokumen Anda. .
·         Berikan tautan dokumen pada orang yang Anda tuju. Anda bisa menggunakan  tombol yang tersedia untuk berbagi lewat Gmail, Google+, Facebook, atau Twitter.
·         Aturlah siapa yang mendapat akses pada berkas dengan mengklik tombol "Change...". Pada awalnya, dokumen Anda adalah dokumen privat dan Anda harus mengundang orang lain untuk memberi akses pada mereka. Anda bisa mengizinkan akses pada orang yang memiliki tautan, atau pada seisi Internet.Undanglah orang untuk menyunting dokumen Anda dengan memasukkan informasi kontak mereka pada isian "Invite People". Pengguna yang diundang harus login ke Google Drive untuk mengakses dokumen
Description: Use Google Drive Step 12 Version 2.jpg







7.      Publikasikan dokumen Anda. Untuk mempublikasikan dokumen, tabel, atau presentasi, klik "File" > "Publish to the Web". Mempublikasikan dokumen akan membuat salinan dokumen yang dapat dilihat semua orang, dan menjadi laman web yang tidak terkait pada dokumen asli Anda. Proses ini memungkinkan Anda berbagi dokumen pada siapapun tanpa mengganggu setelan berbagi dokumen Anda. .
Description: Use Google Drive Step 13 Version 2.jpgDokumen yang sudah dipublikasikan tidak dapat disunting. Anda tetap bisa menyunting dokumen aslinya di Google Drive.








8.      Cetak dokumen Anda. Jika Anda memiliki printer atau akses ke printer dengan Google Cloud Printer, Anda bisa mencetak dokumen Anda. Klik "File", lalu tombol "Print" yang ada di bagian bawah menu.
Ubahlah pengaturan cetak Anda. Anda bisa memilih halaman mana yang ingin Anda cetak, juga tata letak halaman. Klik "Print" untuk melanjutkan ke layar selanjutnya.
Pratinjau cetak akan muncul setelah itu, dan Anda bisa memilih printer Anda dengan cara mengklik "Change". Ini akan sangat berguna jika Anda ingin menjangkau printer Google Cloud Print Anda di rumah atau sekolah.
Description: Use Google Drive Step 14 Version 2.jpg
9.      Kembalikan versi lama dokumen Anda.
Jika Anda mengubah beberapa hal pada dokumen Anda dan menyadari bahwa Anda perlu membatalkan perubahan tersebut, Anda bisa menggunakan menu "Revision History" untuk melihat salinan lama dokumen Anda. Bukalah dokumen Anda, klik "File" > "See Revision History", dan jendela berisi daftar revisi Anda akan muncul di bagian kanan laman..[2]
Anda bisa mengklik setiap revisi untuk menampilkan dokumen di jendela utama Anda.
Jika Anda menemukan revisi yang ingin Anda simpan, klik tombol "Restore this revision" di bagian bawah entri tersebut pada daftar.
Description: Use Google Drive Step 15 Version 2.jpg

2.9.3        Mengunduh dan Mengunggah Berkas
1.      Description: Use Google Drive Step 16 Version 2.jpgUnduh Google Drive Sysc pada komputer Anda. Aplikasi ini opsional, namun akan sangat memudahkan sinkronisasi berkas dari komputer Anda ke Google Drive. Jika Anda ingin menggunakan program ini, klik tautan di atas untuk mengunduhnya di laman utama Google Drive. Tautan tersebut akan membantu Anda mengunduh aplikasi yang tepat bagi sistem operasi Anda.

o     




·         Setelah Anda mengunduh aplikasi ini, lakukan proses instalasi dan masuklah dengan akun Google Anda. Sebuah folder di desktop akan muncul dan memberikan Anda akses cepat pada dokumen Google Drive Anda.
·         Tarik berkas apapun yang ingin Anda unggah ke Google Drive Anda ke folder ini dan berkas tersebut akan terunggah secara otomatis. Setelah berkas terunggah, sebuah kotak cek hijau akan muncul pada berkas tersebut.
2.      Aturlah setelan unggahan Anda. Klik ikon gigi roda di bagian kanan atas laman dan
3.      Description: Use Google Drive Step 17 Version 2.jpgArahkan kursor Anda pada "Upload Settings". Anda bisa mengatur supaya Google drive langsung mengonversi berkas terunggah seperti dokumen Word atau Excel ke format Drive, dan mengonversi PDF menjadi teks yang dapat disunting.






·         Anda dapat memilih agar Anda diingatkan setiap kali Anda melakukan unggahan untuk mengonversi, atau membiarkan konversi berjalan otomatis.
·         Dokumen yang belum terkonversi tidak bisa terbuka di Google Drive kecuali Anda mengonversinya dulu. Untuk menyuntingnya, Anda harus mengunduhnya di mesin yang memiliki program untuk membuka dokumen tersebut.
4.      Klik tombol "Upload". Sebuah menu akan muncul, yang memungkinkan Anda mengunggah berkas individual atau seisi folder. Carilah berkas yang ingin Anda unggah ke Google Drive. Pengaturan konversi Anda akan berlaku, dan Anda bisa melihat kemajuan unggahan dalam jendela yang akan muncul.
·         Akun Google Drive gratisan menyediakan ruang sebesar 15GB untuk berkas Anda, dan ruang ini terbagi juga dengan akun Gmail Anda. Dokumen yang dibuat di Google Drive tidak termasuk pada hitungan ruang ini. Anda bisa
·         Description: Use Google Drive Step 18Bullet1 Version 2.jpg
·          




melihat berkas apa saja yang memakan ruangan penyimpanan dengan mengklik "Manage" di bagian kiri bawah laman Drive.
·         Berkas yang diunggah akan muncul di folder My Drive. Anda kemudian dapat memindahkannya ke folder yang Anda sukai di Google Drive Anda.
Description: Use Google Drive Step 18Bullet2.jpg




5.      Description: Use Google Drive Step 19 Version 2.jpgUnduh berkas dari Google Drive ke komputer Anda. Jika Anda ingin mengambil berkas tertentu ke komputer Anda, pilih berkas yang ingin Anda ambil, klik "More" pada bagian atas halaman, dan klik "Download".





·         Jika Anda mengunduh berkas Google Drive, Anda akan diminta untuk mengonversi berkas. Jika tidak dikonversi, berkas Anda akan terunduh secara otomatis.
6.      Hapus berkas yang tidak Anda perlukan. Untuk menghapus berkas, isi kotak cek pada berkas yang ingin Anda hapus. Klik tombol "Trash" pada bagian atas halaman. Anda bisa membatalkan penghapusan dengan mengklik "Undo", atau masuk ke "Trash" di menu bagian kiri.
Description: Use Google Drive Step 20 Version 2.jpg






Ingatlah, dokumen yang dibuat di Google Drive tidak masuk hitungan
kapasitas berkas.
2.9.4        Memperluas Kemampuan Drive
1.      Edit foto yang Anda unggah ke Google Drive. Anda bisa melakukannya dengan aplikasi gratisan bernama Pixlr. Untuk memasang Pixlr, klik "CREATE", kemudian pilih "Connect more apps". Carilah "pixlr", dan pasang aplikasi tersebut.
Description: Use Google Drive Step 21.jpg






·         Setelah Pixlr terpasang, klik kanan foto pada Google Drive dan pilih "Open With". Pilihlah "Pixlr", dan foto tersebut akan terbuka di jendela baru. Anda bisa memulai menyunting foto dengan Pixlr.
2.      Description: Use Google Drive Step 22.jpgDengarkan musik yang Anda unggah. Jika Anda menggunakan Google Drive untuk menyimpan berkas MP3, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak bisa memutarnya kecuali Anda mengunduhnya terlebih dahulu. Dengan Drive Music Chrome, Anda bisa mendengarkan berkas MP3 tanpa mengunduhnya, dan aplikasi ini gratis di Chrome Web Store.

3.      Description: Use Google Drive Step 23.jpgMenggambarlah di Google Drive. Anda bisa menambahkan aplikasi Drawing, yang akan memasang aplikasi pengolah gambar dasar. Gunakan aplikasi ini untuk menggambar sesuatu yang bisa ditempelkan ke dokumen Anda yang lain, atau buatlah gambar kolaboratif dengan membaginya kepada pengguna lain.







4.      Gabungkan berkas PDF. Memasang aplikasi Mergy PDF untuk Google Drive akan memungkinkan Anda menggabungkan berkas PDF di Google Drive dengan cepat. Anda bisa menggeser dan menjatuhkan urutan berkas untuk menyusun berkas PDF akhir. Aplikasi ini akan mengunggah PDF Anda ke server mereka, menggabungkannya, dan mengembalikan PDF Anda yang telah digabung.
Description: Use Google Drive Step 24.jpg









2.9.5        Menyisipkan file menggunakan Google Drive di Gmail
Jika Anda ingin mengirim file di Gmail seperti foto atau dokumen word, Anda dapat melampirkan dari komputer, atau memasukkan file ke pesan menggunakan Google Drive
1.      Menyisipkan file Drive (desktop):
Untuk menyisipkan file menggunakan Google Drive di desktop, Anda harus menggunakan fitur tulisan dan balas baru Gmai
1.      Di bawah email yang Anda tulis, klik ikon Google Drive . Di jendela yang muncul, Anda dapat mengunggah file ke Google Drive, serta menavigasi ke atau menelusuri file yang Anda simpan di Drive. Untuk file yang disimpan di Drive, centang kotak di samping file yang ingin disisipkan.
2.      Klik tombol Sisipkan. Gmail selanjutnya menambahkan tautan ke pesan Anda agar penerima dapat mengeklik tautan untuk melihat file Anda.
2.      Menyisipkan file Drive (Android):
1.      Sentuh ikon Menu (tiga titik abu-abu, atau tombol menu pada perangkat). 
2.      Sentuh Sisipkan dari Drive.
3.      Cari dan sentuh item yang ingin Anda lampirkan.
4.      Sentuh Pilih di sudut kanan bawah.
5.      Anda kemudian akan melihat file tersebut sebaris di dalam pesan.
3.      Menyisipkan file Drive (iOS)
1.      Mulai menulis email.
2.      Sentuh ikon penjepit kertas.
3.      Sentuh Sisipkan dari Drive.
4.      Pilih file yang ingin dikirim.




BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google


Google Drive
Description: Googledrive logo.svg
Pengembang
Google
Rilis perdana
24 April 2012; 2 tahun yang lalu
Status pengembangan
Aktif
Ketersediaan bahasa
Multilingual
Situs web resmi
Kelebihan Google Drive
1.      Bisa untuk berkolaborasi.
2.      Fitur yang banyak.
3.      Terintegrasi dengan Aplikasi Google lainnya.
4.      Fitur pencarian yang fantastis.
5.      Tampilan user-friendly.
Kekurangan Googlw Drive
1.      Jumlah kapasitas free hanya 5GB (sedangkan Dropbox bisa hingga 18GB).
2.      Pengguna masih sedikit (karena tergolong baru).
3.      Fasilitas Google Docs dihilangkan dan diganti Google Drive (kekurangan bagi yang belum terbiasa).


3.2       Saran
Dengan adanya perkembangan teknologi sebaiknya kita memanfaatkan hal tersebut kedalam hal positif misalnya sebagai media pembelajaran atau yang lainnya
Sebagai mahasiswa sekaligus penerus muda, percaya bahwa jika kita sudah melakukan segala sesuatu dengan baik, yaitu akan menghsilkan yang maksimal, dengan banyaknya media komunikasi di zaman sekarang, sebaiknya kita lebih teliti dalam menoperasikanya, karena ada dampak positif dan negatifnya, tapi kita juga tidak boleh terlalu ketinggalan dengan media tersebut, mengikuti untuk pembelajaran.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar