Sales & Marketing
Pengertian Sales dan Marketing terlebih dahulu.
Berikut ini beberapa kutipan dari berbagai sumber mengenai apa dan bagaimana
menjadi sales dan marketing.
Pengertian
Sales dan Departemen Marketing serta Tugas dan Fungsi Sales
Pengertian
Sales & Marketing Department :
Marketing
merupakan salah satu fungsi utama di antara fungsi-fungsi penting lainnya yang
ada dalam suatu perusahaan seperti : administrasi, pembukuan, pembelanjaan,
produksi dan personalia.
Sihite menyebutkan
bahwa Sale adalah : menawarkan sesuatu produk kepada konsumen, sebagai suatu
pekerjaan atau kegiatan untuk menjadikan seseorang sebagai customer atau
langganan. Jadi arti sales di sini adalah penjualan.
Marketing
adalah pemasaran dan apabila diterjemahkan adalah : “Usaha untuk
memasyarakatkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara agar hasil
produksi tersebut banyak diminati oleh masyarakat luas”, (Sihite,1996:1).
Sedangkan
arti dari Department adalah : bagian. Jadi Sales & Marketing Department
adalah : “Bagian yang menangani penjualan dan pemasaran dalam suatu
perusahaan”. Dalam hal ini produk yang dijual adalah kamar hotel beserta
seluruh fasilitas dan pelayanannya.
[symple_box
color="green" text_align="left" width="100%"
float="none"]
Dalam
industri perhotelan bidang pemasaran ini boleh dikatakan masih merupakan suatu
hal yang relatif muda usianya bila dibandingkan dengan industri lainnya. Bagian
yang melaksanakan penjualan dan pemasaran kemudian disebut Sales &
Marketing Department. Definisi yang lengkap dari manajemen yang terdapat dalam
Sales & Marketing Department, menurut Sihite (1996:2) adalah ; “Merupakan
suatu fungsi yang melaksanakan segala perencanaan, penugasan dan pengawasan
terhadap kegiatan penjualan daripada suatu perusahaan, dalam hal penerimaan
tenaga penjual (salesman), seleksi (recruiting), pengaturan latihan (training),
pengarahan (supervise), pengawasan (control), pembiayaan (cost), dan motivasi
para salesman”.
[/symple_box]
[symple_accordion]
[symple_accordion_section title="Pengertian Sales Person"]
[symple_accordion_section title="Pengertian Sales Person"]
Pengertian
Sales Person
Seperti
telah diutarakan bahwa pengertian Sales secara sederhana adalah penjualan.
Dalam bukunya Sihite (1996:86) menyebutkan bahwa Sales adalah Merchandise
(Something to be sold) plus Service. Dalam buku yang sama juga dijabarkan
mengenai Salesmanship yaitu kecakapan seorang Sales dalam menjual yang meliputi
proses dalam penjualan yang dimulai dari langkah pertama sampai dengan
terlaksananya suatu penjualan. Jadi pengertian Sales Person atau Salesman di
sini adalah individu yang menawarkan suatu produk dalam suatu proses penjualan.
[/symple_accordion_section]
[symple_accordion_section title="Fungsi Sales"]
[/symple_accordion_section]
[symple_accordion_section title="Fungsi Sales"]
Fungsi dari
seorang sales adalah :
- Untuk memotivasi calon pelanggan agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu membeli.
- Dapat mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.
- Dapat meyakinkan atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan.
- Dapat meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan.
Beberapa hal
yang harus dikuasai oleh tenaga penjual / Sales person adalah (1) product
knowledge, (2) price policy, (3) human relation.
- Product Knowledge (pengetahuan tentang produk) - Adalah yang meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
- Price Policy (kebijaksanaan harga jual) - Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
- Human Relation - Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.
Setelah
menguasai tiga hal penting diatas maka ada baiknya melakukan tahapan demi
tahapan dalam proses penjualan. Tahapan-tahapan tersebut adalah langkah-langkah
yang perlu di perhatikan oleh seorang Sales dalam melakukan proses penjualan
yang diharapkan berujung pada keberhasilan. Langkah-langkah tersebut adalah sbb
:
- Approach (pendekatan kepada prospek) - Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik yang antara lain pengetahuan tentang : Siapakah calon pembeli/konsumen ? Apakah kebutuhan/keinginannya ? Adakah kemungkinan perubahan situasi atas kebutuhan maupun produk yang ditawarkan ?Siapkah kiat dengan penolakan/keberatan.
- Presentation (penyajian) - Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual “Dirinya” dalam arti mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen (misalnya membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual). Komunikasi adalah merupakan sarana paling menentukan untuk mengetahui kebutuhan pembeli :Tata bahasa yang baik, Courtesy / kesopanan, Jelas / tepat, tidak berbelit-belit, Memberikan ide, manfaat dan kelebihan produk. Satu hal lain yang tak kalah pentingnya adalah First Impression atau kesan pertama kepada pelaku penjualan yang positif akan membantu kelancaran proses penjualan.
- Selling (menjual) - Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal Product Knowledge dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan pembeli menjadi pelaku pembeli.
- Closing The Sale - Suatu transaksi penjualan terjadi karena penjualan memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Tahapan ini merupakan keberhasilan seorang penjual mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dapat berupa : statement, order dan tanda terima pembayaran. Dalam jasa pelayanan wisata maka pembeli/konsumen akan menikmati produk wisata setelah terjadinya closing the sale.
- After Sales Service - Kesempurnaan dari suatu penjualan yang berhasil adalah ditutup dengan Pelayanan Purna Jual. Kegiatan tersebut antara lain : Pemberian ucapan terima kasih melalui surat, atas pembelian suatu produk atau jasa, Memberikan suatu kenang-kenangan (souvenir), Mengirim kartu ucapan pada hari-hari besar atau ulang tahun, Megadakan direct contact secara regular.
Tugas-tugas
Seorang Sales Person
Yang akan diuraikan di sini adalah tugas-tugas dari seorang sales secara umum, menurut Sihite (1996:78), yaitu :
Yang akan diuraikan di sini adalah tugas-tugas dari seorang sales secara umum, menurut Sihite (1996:78), yaitu :
- Melaksanakan kegiatan penjualan melalui telepon terhadap target konsumen (perusahaan-perusahaan perdagangan dan industri, kantor-kantor pemerintah, asosiasi perkumpulan keagamaan, olahraga, sosial, konsulat) secara sistematik, serta melengkapi laporan kegiatan untuk setiap hubungan yang dilakukan.
- Memelihara semua hasil analisis penjualan yang telah dibuat.
- Atas persetujuan pimpinan, dalam melaksanakan kerjasama dengan perwakilan perusahaan lain dalam memperoleh peluang usaha, melakukan penjualan bersama, mendiskusikan strategi dan sebagainya.
- Melakukan tindak lanjut pelayanan, untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
- Melakukan tindak lanjut setiap kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh peluang usaha pada saat mendatang.
- Menghubungi humas setiap saat dan memberikan bantuan apabila diperlukan, misalnya dalam memberikan hadiah-hadiah promosi kepada para pelanggan.
- Melaksanankan kegiatan pemasaran lainnya sesuai dengan tugas yang diberikan oleh manajer penjualan
hallo guy's sampai disini dulu ya infonya :)
nanti lanjut lagi ya :)
Seberapa pentingkah menurut anda sales & marketing tersebut ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
HapusTerima kasih debby atas feedback anda. menurut saya Sales and marketing itu sangat penting , karena garda terdepan penjualan tergantung bagaimana Sales and marketing melakukan promosi suatu produk , khususya hotel inti tugasnya adalah "Bagian yang menangani penjualan dan pemasaran dalam suatu perusahaan. apakah anda setuju?
BalasHapusya saya stuju, tp apakah seorang sales dapat gagal dalam mempromosikan produknya ?
HapusMenurut pendapat saya, apapun yang kita lakukan pasti pernah mendapatkan sebuah kegagalan , apalagi seorang sales, hal gagal ditolak dalam penawaran itu sudah biasa karena itu merupakan ujian menjadi sales, dari gagal itulah kita bisa belajar dan sukses kedepanya, jadi jangan pernah takut gagal dalam melakukan sesuatu :)
BalasHapuslalu bagaimana cara yang efektif untuk meminimkan kgalan dalam memproduksikan suatu produk ?
BalasHapusCaranya itu adalah membuat plaining sebelum melkukan segala hal, dan mengatur strategi untuk selanjutnya, selalu memikirkan efek yang terjadi dalam melakukan sebuah kegiatan atau promosi suatu produk , apakah debby ada tambahan?
Hapus